DESIGN CAFÉ GAYA KOLONIAL DI JL.RADEN SALEH-JAKARTA


 

 

 

 

Telah direncanakan café Raden saleh yang asalnya adalah bangunan yang fungsinya sebagai ruang pertemuan kecil, namun karena sudah tidak berfungsi lagi . Owner memutuskan untuk membuat bangunan Café karena letaknya di pinggir jalan utama raden saleh, dan pertimbangan yang sangat tepat mengingat lokasi dekat perkantoran dan hotel sehingga sangat mendukung untuk dibuatkan Café.
Lokasi Café : Jl. Raya Raden Saleh I no.9 Jakarta Pusat.

Bangunan café di rencanakan pada bangunan lama dengan luas bangunan 157m2 dimana bangunan akan di bongkar namun struktur kolom utama tetap dipertahankan. Bangunan dibuat simple persegi panjang, atap lama dibongkar menggunakan genteng ex.cisangkan warna hitam.

Gaya Bangunan
Gaya bangunan yang diinginkan oleh owner adalah café bergaya Colonial dengan warna dinding exterior warna putih dan kusen kayu finish cat duco warna hitam. Profil dinding dan pilar dibuat sederhana seperti layaknya bangunan colonial pada umumnya.
Kolom atau pilar dibuat baru dengan bentuk bulat, untuk menghadirkan kelembutan bangunan dari bentuk persegi yang terkesan kaku.
Pencahayaan buatan juga dibuat efek cahaya café pada malam hari, begitu juga dengan lampu bagian dalam membuat suasana terkesan menenangkan, warm dan cozy.
Bagian samping dibuat batas dinding kerrawang ( lubang angin) sebagai jalan mengalirnya udara dan juga sebagai aksen bentuk yang menarik. Pencahayaan alami dibuat maximal dengan banyaknya jendela kaca.sehingga cahaya bisa masuk ke dalam ruangan.
Keberadaan pohon yang telah tumbuh lama dan besar juga menjadi elemen yang diperhitungkan, pohon juga tak harus ditebang.

 

Principal architect : Purwanto
Architect : Irfan Pahlevie
Studio : Property96
Web : http://www.property96.wordpress.com

 

%d blogger menyukai ini: