kiat Bangun Rumah


KIAT BANGUN RUMAH AGAR CEPAT , MURAH, DAN BAIK

Kiat Bangun Rumah Agar Cepat, Murah, dan Baik ( bagian 1)
Memiliki rumah Sendiri adalah Idaman untuk semua orang, karena rumah adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dimiliki.Apabila Anda belum memiliki Rumah maka anda harus mempunyai sebidang tanah yang nantinya akan dibuat bangunan.
Berikut ini adalah Tip-Tip dalam Membeli lahan Tanah/Kavling :
  1. Belilah Tanah/Kavling yang didaerah Perumahan yang Letaknya terjangkau dalam perjalanan pergi dan pulang kekantor/tempat kerja, bila perlu Anda harus Mencoba menghitung jarak tempuh perjalanan sehingga Anda bisa tahu jarak dan waktu tempuh.
  2. Check Surat-surat Tanah. Bagi Anda yang membeli di Area Perumahan atau Real Estate mungkin tidak perlu kawatir dengan Surat-surat, akan tetapi perlu hati-hati bila membeli tanah diluar area perumahan bagaimana Status Suratnya serta pemiliknya haruslah jelas.
    Sekali kali boleh di check kondisi lingkungan Area Perumahan tersebut, apakah apabila terjadi musim hujan terjadi banjir atau tidak.
  3. Pilihlah hadap kavling yang baik .Hadap kavling sebaiknya memperhatikan posisi terbit dan terbenamnya matahari, jika kavling menghadap kearah Barat dimana sinar matahari lebih banyak mulai dari siang dan sore hari maka bangunan akan terkena panasnya matahari, tetapi itupun harus didesain khusus dengan bantuan Sun Screen. Direkomendasikan sebaiknya Kavling menghadap kearah Timur, dimana akan banyak terkena sinar matahari diwaktu pagi hari dan akan menyehatkan dan akan terasa teduh pada sore harinya, boleh juga menghadap Utara atau Selatan juga baik.
  4. Pilihlah tanah kavling lebih tinggi dari jalan, biasanya ketinggian lantai bangunan lebih tinggi dari jalan. Untuk menghindari genangan air pada saat hujan. Bangunan akan terlihat kokoh bila kondisinya lebih tinggi dari jalan. Keuntungan tanah kavling lebih tinggi dari jalan adalah kita tidak perlu menambah urugan, sehingga akan menekan biaya dibandingkan dengan lahan kavling yang lebih rendah dari jalan.

 

Rabu, 07 Oktober 2009

Kiat Bangun Rumah Agar Cepat, Murah, dan Baik (2)
Anda berencana membangun rumah dalam waktu dekat ?
Banyak dari kita merasa bimbang dalam memulai membangun rumah berkenaan dengan kondisi perekonomian pada saat ini yang mengakibatkan pengaruh pada biaya material bahan bangunan. Untuk itu perlu persiapan dana lebih untuk menyesuaikan kenaikkan harga tersebut.
DANA
Langkah Awal Untuk memulai Persiapan Pembangunan adalah dengan Menyiapkan dana dengan mengikuti biaya bangunan atau material pada saat ini, karena biaya material bangunan pada saat ini terus merangkak naik seiring dengan kenaikkan harga BBM sehingga kita harus lebih cermat dalam membuat strategi dalam membangun.Untuk kita yang memiliki dana cukup itu bukanlah masalah, tetapi bagaimana dengan orang yang memiliki dana terbatas, sehingga banyak dari kita melakukan banyak kesalahan dalam mengambil keputusan dalam melaksanakan pembangunan membeli material yang murahan dan mengurangi kualitas bahan bangunan, yang pada akibatnya banyak kerusakan bangunan sebelum finshing bangunan.Sangat disayangkan bila ternyata akhirnya karena dipaksakan pembangunan dengan dana terbatas akan memperoleh hasil yang kurang memuaskan dan bahkan banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk menambal kerusakan bangunan disana sini.
Saran saya adalah anda perlu berkonsultasi dengan Arsitek atau Pemborong, untuk dapat tafsiran biaya bangunan, karena rumah adalah investasi jangka panjang, sangat sayang bila rumah yang anda idamkan tidak dapat nyaman anda tempati. Tugas arsitek adalah membantu klien dalam menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi dalam membangun rumah.
Gempa di Padang adalah Pengalaman yang paling berharga
 
Gempa yang terjadi tanggal 30 September 2009 di Padang adalah pengalaman berharga untuk kita cermati, banyaknya bangunan runtuh baik rumah, ruko, kantor, dan Hotel yang rubuh. Menurut pengamatan kami, bahwa bangunan rumah atau ruko yang runtuh kebanyakan akibat kolom-kolom penyanggah yang kurang kuat menahan beban berat diatasnya, kolom bangunan kurang kuat dan besar dan lagi besi besi struktur kolom kurang memenuhi syarat Konstrusi sehingga kejadian gempa tersebut telah mengakibatkan runtuhnya bangunan tersebut.
Banyak dari kita dalam membangun tidak menghitung konstruksi dengan ahlinya/Sipil Konstrusi, sehingga segala sesuatunya diserahkan kepada Mandor dengan Pengalaman Insting saja,
Janganlah karena Dana terbatas kita harus mengurangi Spek bahan besi konstruksi dalam bangunan rumah kita, karena kita tanggal dirumahkan ingin aman.Kenapa kita harus melakukan keputusan jangka pendek dan yang penting asal bisa ditempati tapi tidak aman……..???
berikan saran anda berkenaan pembangunan yang asal-asalan, karena pingin irit…
 
Minggu, 11 Oktober 2009

Belajar dari Pengalaman

Bagi anda yang akan membangun Hunian atau Rumah Tinggal alangkah lebih baik sejenak kita merasakan kembali suasana dimana kita pernah tinggal, apakah tinggal dirumah orang tua/mertua ataupun rumah kontrakan, bagaimana kegiatan keluarga kita sehari-hari, dan ternyata apakah yang kita lakukan bersama keluarga kita dirumah masih banyak kekurangan dan ketidaknyamanan. Berikut pertanyaan sederhanan dibawah ini ?

1. Rumah anda terbilang cukup untuk keluarga kecil, tetapi apakah kondisi sekarang terasa sumpek, udara panas, lampu penerangan selalu menyala,karena pencahayaan kurang terang, akibatnya kebutuhan listrik menjadi mahal.
2. Betahkah anda dirumah dengan keberadaan perabotan Rumah yang tidak pada tempatnya.
3. Tiap hari Seorang ibu terlihat cepat lelah, karena capai mengurus rumah yang selalu kotor, apakah kita tidak memperhatikan ?
4. Bagaimana dengan istirahat keluarga anda ? cukup nyamankah istirahatnya ?
5. Dimanakah anak-anak anda bermain ? apakah halaman anda sekarang tidak ada ?
6. Pertanyaan terakhir, cukup puaskah anda dengan kondisi rumah yang dulunya pernah anda tempati ?

Sudah saatnya kita harus memikirkan keluarga kita tinggal dan beraktifitas dengan nyaman. Perubahan memang harus dilakukan menuju perbaikan kualitas hidup yang lebih baik dan Sehat.Mari kita berfikir panjang dengan belajar dari pengalaman kita terdahulu dengan belajar melihat kondisi atau suasana kehidupan rumah tinggal teman atau saudara atau dari majalah rumah atau buku-buku tentang rumah, dimana mereka dapat tinggal dengan nyaman dan sehat.

Senin, 12 Oktober 2009

Cari Arsitek lewat Internet
 
Pada Saat ini kemajuan Teknologi sangat maju sehingga memudahkan orang untuk melakukan segala sesuatu dengan mudah melalui Internet. Kemudahan melalui internet bisa melakukan semua kegiatan dengan cepat, walaupun letak tempat kerja berjauhan, bahkan antar negara.Informasipun dapat dengan mudah didapat dengan internet,bahkan jika anda ingin mendapatkan informasi tentang Desain rumah, Photo rumah, alamat Arsitek dll dapat dengan mudahnya.
Tetapi Anda juga harus selektif dalam memilih Arsitek, berikut ini adalah tip-tipnya.
  1. Pilihlah Arsitek yang mau bekerja sesuai dengan gaya rumah yang anda inginkan dengan budget anda yang ada, karena jika tidak maka perencanaanya bisa menjadi mahal.
  2. Minta diperlihatkan hasil desain dan photo bangunan yang telah didesain atau dibangun, karena itu merupakan bukti bahwa arsitek tersebut profesional.
  3. Sebelum memulai pekerjaan Desain bangunan, tanyalah berapa besar biayanya agar jangan dikemudian hari terjadi kesalah pahaman. Arsitek yang baik akan memberikan pilihan biaya paket Desain rumah kepada Owner, tinggal bagaimana kemampuan owner dan memilh paket yang termurah dan baik untuk anda.
  4. Minta advise kepada Arsitek mengenai bangunan yang akan dibangun sesuai dengan gaya bangunan dan biaya pembangunannya, sehingga anda dapat melaksanakan proses pembangunan dengan cepat,hemat, dan sesuai dengan konsep arsitektur sehingga rumah anda mempunyai nilai investasi yang baik.
  5. Pilihlah arsitek yang mengedepankan fungsi ruang yang baik dan simpel, karena desain yang baik akan mempengaruhi biaya pembangunan, sehingga bisa ditekan.
  6. Jangan malu untuk menghubungi Arsitek lewat Telephon atau bertemu untuk konsultasi, karena dengan bertemu langsung Arsitek akan dengan senang hati membantu mendesain rumah andah sesuai program ruang kebutuhan keluarga anda, dan mintalah gambaran perkiraan anggaran bangunan rumah anda untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan.
  7. Mintalah saran untuk memilih pemborong yang berkualitas untuk pembangunan rumah anda agar pembangunannya sesuai dengan rencana yang diharapkan dengan baik, cepat, dan terjangkau.

 

Selasa, 13 Oktober 2009

Diskusikan Proyek Rumah Anda dengan Arsitek
Sangat jarang orang yang ingin membangun rumah mau berhubungan dengan Arsitek dalam merencanakan rumahnya, dengan alasan takut dengan biaya jasa Desain Arsitek, padahal sebenarnya biaya jasa Arsitek sangatlah terjangkau dibandingkan dengan biaya perbaikan rumah yang salah bangun dan banyak bongkaran akibat membangun rumah tanpa perencanaan yang matang.
Sebelum membangun rumah tinggal alangkah baiknya bagi Owner/pemilik
haruslah mempunyai gambaran untuk gaya rumah yang akan dihuni dan kebutuhan ruang yang akan direncanakan.
Jika belum ada bayangan, ada beberapa cara untuk owner dalam memilih jenis gaya bangunan al :
1. Melihat buku/majalah Arsitektur dalam negri dan luar negri
2. Melihat lihat bangunan orang dan memphotonya jika perlu.
3. Browsing di Internet lewat Google atau lainnya.
4. Dll

Setelah ada bangunan yang sekiranya cocok dengan gaya bangunan yang diinginkan, maka Owner dapat mengkonsultasikan dengan Arsitek atau Designer.
Dengan keraguan seperti itu akhirnya Owner hanya mengambil gambar rumah dari majalah atau brochure rumah Real Estate dan mempercayakan pada seorang Mandor.
Tidak dipungkiri bahwa mandor dapat melaksanakan pembangunan rumah dengan acuan dari contoh di majalah, akan tetapi pada kenyataannya banyak kekurangan dan ketidak cocokan setelah bangunan mulai berdiri al:

1. Bangunan tidak Compact antara fungsi ruang
2. Proporsi Bangunan kurang baik
3. Bentuk bangunan kurang menarik.
4. Penempatan perabotan yang kurang terencana
5. Perletakan lampu standart saja
6. Pemakaian lantai yang kurang menarik
7. Taman seadanya.
8. Sirkulasi udara kurang baik, udara panas, pemakaian ac menjadi boros.
9. Cahaya matahari yang kurang/gelap sehingga pemakaian lampu lebih boros.
10.dll

Dari gambaran diatas akhirnya Owner menyesal, karena keinginan untuk memiliki rumah yang diinginkan kurang memuaskan.

Itu semua dapat diatasi dengan konsultasi dengan Arsitek, sehingga penyesalan tidak akan terjadi, karena Arsitek tugasnya juga membatu meringankan biaya pembangunan dan juga nilai estetika bangunan dapat diterapkan.Pada dasarnya banyak kejadian bongkar pasang dinding atau kolom karena tidak sesuai dengan program ruang sehingga memakan biaya dan waktu yang terbuang.

Kamis, 15 Oktober 2009

Bayangkan Biaya Kerugian Akibat Bongkar Bangunan Rumah Tanpa Perencanaan
Kita sering melihat Orang membangun rumah tinggal, tetapi didalam pelaksanaannya ternyata ada kegiatan pembongkaran dinding bangunan atau perubahan ruangan yang dikarenakan pemilik merasa ruang ruang terasa sempit atau kurang indah. Saya pernah datang ke tempat orang membangun rumah dan saya tidak melihat ada gambar rumahnya, saya bertanya kepada mandor, apakah rumah ini ada gambarnya ? Tidak jawab Mandor dengan spontan.
Keuntungan Membangun dengan Arsitek
  1. Bangunan mempunyai konsep bangunan sesuai dengan Gaya bangunan yang diinginkan pemilik.
  2. Biaya Bangunan dapat ditekan dengan desain yang simple, menghilangkan ornamen-ornamen hiasan yang tidak perlu .
  3. Arsitek membuat gambar kerja untuk panduan kerja mandor dan tukang dilapangan, untuk menghindari kesalahan dalam pelaksanaan.
  4. Arsitek dapat dipinta untuk beberapakali mengawasi pelaksanaan dilapangan.
  5. Arsitek dapat menentukan proporsi bangunan yang baik
  6. Arsitek dapat memberikan masukan dalam finishing bangunan.
  7. Arsitek dapat juga mengerjakan borongan bagunan, dan biasanya fee design bisa diturunkan.
  8. Arsitek dalam membangun berbeda dengan pemborong biasa, karena Arsitek memiliki nilai Estetika terhadap bangunan.
  9. dll,masih banyak keuntungannya.

Kerugian Membangun Tanpa Arsitek

  1. Membangun kurang terencana, karena gambar tidak lengkap, sehingga mandor banyak bertanya kepada pemilik atau kadangkala mandor melaksanakan apa adanya sesuai dengan borongan.
    Dalam pelaksanaan sering terjadi banyak kesalahan, sehingga banyak bongkaran yang terjadi. Akibat dari banyaknya bongkaran efeknya biaya menjadi membengkak (waktu dan biaya terbuang).
  2. Bangunan kurang menarik, karena tidak ada panduan gambar kerja dan ukuran yang proposional.
  3. Pemilik akan sibuk mengurusi bahan-bahan material dan kesulitan untuk mengambil keputusan atas pertanyaan mandor/pelaksana bangunan.
  4. dll, masih banyak lagi kerugiannya.

    Saya sering menjumpai banyak terjadinya kesalahan pelaksanaan pembangunan tanpa bantuan Arsitek dan menyebabkan banyaknya bongkaran-bongkaran.Biaya bongkaran sangatlah besar, saya pernah menemukan dan menghitung biaya bongkaran ada yang mencapai 20 jt, 50 jt, bahkan bisa mencapai 100 juta rupiah….bisa anda bayangkan.

    Setelah mengalami banyaknya kerugian dalam membangun rumahnya, akhirnya pemilik menyadari bahwa perlunya Arsitek dalam perencanaan bangunnya, dan pada kenyataannya Fee Arsitek masih lebih murah daripada biaya bongkar bangunan.

    Saran saya adalah jangan ragu untuk sekedar berkonsultasi sebalum membangun agar pelaksanaan dapat berjalan lancar sesuai budget dan schedule yang direncananakan, bila didalam pelaksanaan tanpa arsitek anda menemui banyak kesalahan, segeralah konsultasikan dengan arsitek untuk mengurangi kesalahan kesalahan dalam pembangunan.

 

Sabtu, 17 Oktober 2009

Denah Rumah Simple

Gambar diatas adalah Desain Rumah tinggal diatas tanah 100m2, Denah dibuat Simpel dengan mengutamakan fungsi ruang dengan optimal, terbuka, serta membuata sirkulasi udara dapat maximalmengalir dengan baik. Desain rumah mungil ini tidak membuatbanyak penyekat dinding yang biasanya masyarakat umumnya ruangan terdapat dinding untuk blok penyekat,sehingga mengakibatkan ruang menjadi sempit, cahaya matahari kurang, udara panas.
Desain diatas bisa menjadi alternatif desain untuk anda terapkan pada rencana rumah anda, kami juga bisa membantu anda dalam mengolah ruang menjadi fungsional dan simpel.
Akhirnya dengan merubah pola gaya hidup kita yang akhir ini menginginkan serba praktis, maka Desain rumah simpel ini menjadi pilihan karena pembangunannya bisa lebih cepat, karena tidak banyak dinding penyekat, dan biaya pembangunan tersebut bisa lebihhemat, ditambah lagi bisa irit biaya listrik karena pencahayaannya sudah cukup terang.
Rabu, 21 Oktober 2009

TAMPAK RUMAH SIMPEL
Bentuk Rumah Simpel adalah dengan membuat tampak depan dan atap sederhana, rumah kecil tapi tampil unik dan menarik walaupun dalam kesederhanaan bentuk. Rumah bergaya simpel ini mampu mengakomodasi sirkulasi udara dan cahaya matahari yang masuk kedalam rumah dengan adanya bukaan jendela yang banyak dan penempatan yang baik dengan didukung oleh sedikitnya penyekat ruang bagian dalamnya sehingga memberikan kesan yang nyaman.
Bentuk bangunan ini juga menjadi alternatif untuk anda terapkan dan menyesuaikan budget keuangan anda dan waktu pengerjaanpun bisa cepat.
Walaupun bentuk sederhana namun dengan sedikit sentuhan variasi batu alam,warna cat dinding, dan yang paling penting adalah proporsi bangunan, maka bangunan kecil menjadi rumah yang menarik.

Responses

  1. Gimana caranya konsultasi dgn Arsitek..?

  2. Selamat pagi, salam kenal.
    Saya mempunyai tanah luas 700 m2, rencananya tanah tersebut akan saya kavling menjadi 7 unit, setelah dikurangi jalan luas per unit menjadi 85m2, kemudian akan dibangun rumah ukuran 36m2 per unitnya.
    Pertanyaannya ;
    1. Jika harga tanah 200.000 per m2, harga bangunan 1.500.000 per m2.berapakah harga yang layak untuk rumah tersebut?
    2. Jika dp dari konsumen sebesar 30 persen, apakah uang tesebut sudah bisa untuk dijadikan dp ke pengembang sampai rumah tersebut lunas?

    Terimakasih atas waktu berharga anda untuk menjawab.

    Sukses selalu untuk anda.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: